Senin, 07 Januari 2013

Pengertian ilmu ekonomi menurut ahli ekonomi


Telah diketahui bersama bahwa dalam kehidupan manusia mempunyai berbagai macam kebutuhan atau memiliki kebutuhan yang beraneka ragam dan jumlahnya banyak, sedangkan barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut terbatas jumlahnya, maka dari itu muncullah ilmu ekonomi.

Menurut Prof. P.A. Samuelson, seorang ahli ekonomi mengemukakan definisi ilmu ekonomi secara rinci, yaitu: “Ilmu Ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan cara atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang dan di masa mendatang, kepada berbagai orang dan golongan masyarakat. Ilmu Ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan dan memperbaiki corak penggunaan sumber-sumber daya.”

Berdasarkan definisi ilmu ekonomi tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa prinsip dasar yang melahirkan ekonomi adalah kelangkaan dan pilihan. Untuk itu ilmu ekonomi mencakup segala perilaku manusia dalam hubungannnya dengan pemenuhan kebutuhan yang beraneka ragam, baik perilaku sebagai produsen, maupun perilaku sebagai konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar